Selasa, 12 Mei 2009

Bu Indra 0209 : Ada Partisipan Cilik!


Edisi kedua ini kedatangan penulis tamu, ananda Rina yang masih kelas 1SMP menymbangkan tulisan untuk rubrik SINTING. Mau tau tulisannya :
HATI-HATI, dengan racun di sekitar kita.

1. Boraks
Boraks merupakan bahan kimia yang digunakan industri keramik dan kaca. Boraks disalahgunakan untuk pembuatan makanan seperti mie, bakso, kerupuk, dan lontong. Penambahan boraks dilakukan agar makanan dihasilkan kenyal. Mie dengan boraks bertahan hingga 3 hari. Kerupuk dengan boraks akan mekar ketika di goreng. Boraks merupakan bahan kimia yang berbahaya karena dapat menimbulkan gejala keracunan dengan keluhan muntah-muntah, diare, dan bisa juga menyebabkan kematian.
2. Formalin
Formalin merupakan bahan untuk mengawetkan sampel biologi atau mayat. Formalin disalah gunakan pada pengawetan bahan makan seperti tahu, mie basah, dan bakso. Mie basah dengan formalin dapat bertahan selama 1 minggu. Formalin juga untuk melumuri ikan dan ayam potong agar kelihatan tetap segar. Formalin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, menyebabkan muntah darah, kejang-kejang, kesulitan bernafas, dan merasa tercekik.
3. Asap rokok
Asap rokok mengandung zat-zat kimia yang dapat merusak kesehatan. Asap rokok terdiri atas partikel-partikel dan TAR yang berasal dari uap minyak tembakau yang terbakar, kemudian menempel di seluruh dinding saluran pernafasan dan paru-paru. Jika menempel di dinding saluran pernafasan dan paru-paru yang masih bersih, terjadilah gatal dan batuk. Perokok aktif dan pasif (orang yang disekitar perokok) tidak akan batuk karena dinding saluran pernafasan dan paru-paru sudah terbiasa dengan asap rokok sehingga terlapisi oleh debu karbon dan uap minyak TAR.
Merokok dapat menyebabkan penyempitan pemuluh darah (Artherosklerosis) dan penyakit jantung koroner serta merubah fungsi metabolisme, seperti naiknya kadar gula, naiknya kadar asam lemak, kerusakan sel reproduksi pria dan wanita (impoten dan kemandulan), meningkatnya jumlah bayi prematur, dan menurunnya berat badan bayi waktu lahir. Selain itu merokok juga mengakibatkan kanker saluran pernafasan, mengganggu produksi kelenjar lender yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit faringitis kronis, laringitis kronis dan bronchitis kronis (ditulis oleh Rina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar