Kamis, 11 Juni 2009

KOMITMEN SEORANG MANUSIA PEMBELAJAR

Aku adalah pembelajar di “Universitas Besar Kehidupan” dimana aku berdiri sendiri berhadap-hadapan dengan Tuhanku : Allah Yang Maha Berkuasa Atas Segala Sesuatu, lalu merenungi hakikat penciptaanku di sana, aku akan melakukan ziarah, perjalanan ke dalam jiwaku

Aku adalah pembelajar di “Universitas Besar Kehidupan” dimana aku belajar untuk menerima tanggung jawab dengan pertama-tama berusaha menjadi diriku sendiri, dan bukan yang lain, serta menolak ditentukan, didikte, dipaksa oleh yang bukan “diriku” siapapun atau apapun itu

Lalu aku bertanya : Siapakah dan apakah aku ini? Darimana aku berasal dan kemanakah aku akan pergi? Apakah yang mampu dan harus aku lakukan? Apakah yang akan aku tinggalkan di dunia ini? Dan, kepada siapa aku harus percaya kalau bukan kepada-Nya?

Lalu aku berjanji : Aku akan mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan itu dengan mencari pengetahuan diri sepenuh hasrat dengan merancang bangunan kehidupanku sendiri, dengan keberanian menyatakan perbedaan, dan merayakannya dengan mengatasi ketidakmampuan belajar dengan menjadi lebih manusiawi lalu setia sampai mati, yaitu suatu saat terindah dimana aku akan mengakhiri legenda pribadiku dan berjumpa dengan-Nya
(dipetik dari sebuah buku "Menjadi Manusia Pembelajar" karya Andrias Harefa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar